August 24, 2009

Barcelona Juara Super-Copa

Barcelona Juara Supercopa vs Atletico Bilbao 3-0Barcelona menjuarai Piala Super Spanyol setelah mengandaskan Athletic Bilbao 3-0 (agregat 5-1) pada leg kedua, di Stadion Camp Nou, Minggu (23/8) atau Senin dini hari WIB.

Sejak awal, Barcelona memang difavoritkan menjuarai ajang ini. Meski begitu, pada kenyataannya, Barcelona tidak meraih kemenangan itu dengan mudah.

Bertanding di kandang sendiri, Barcelona memang mendominasi permainan. Kinerja Xavi dan Dani Alves menghidupkan serangan Barcelona dari sektor kiri dan tengah. Meski sulit, keduanya berhasil melepaskan umpan-umpan bagus kepada barisan serang. Sayang, kurang sempurnanya penyelesaian akhir membuat usaha mereka sia-sia.



Pada menit ke-24, misalnya, Xavi bisa melepas umpan kepada Thierry Henry. Bola memang bisa dijangkau Henry, namun sundulannya masih sedikit melebar dari sasaran. Barcelona juga mencoba melakukan variasi serangan dengan mengandalkan keterampilan individu. Usaha ini juga bisa menghasilkan kesempatan bagus. Sayangnya, kiper Gorka Iraizoz sanggup merontokkan peluang-peluang itu. Messi, misalnya, sempat berhasil melewati barisan bek dan menembus jantung pertahanan Bilbao pada menit ke-25. Namun, langkahnya terhenti karena Iraizoz dengan berani mengadangnya dan membuang bola keluar lapangan.

Bilbao sendiri juga bukannya tanpa peluang sama sekali. Pada menit ke-22, Orbaiz mencoba menjebol gawang Barcelona dengan tendangan jarak jauhnya. Victor Valdes mampu beraksi cepat menepis bola.

Sayang, serunya pertarungan di babak pertama tak membuahkan gol. Barcelona harus puas dengan hasil 0-0 saat turun minum.

Memasuki babak kedua, Barcelona bertekad meraih gol cepat. Setelah usaha yang dilakukan Xavi kandas, Barcelona akhirnya mampu mengungguli Bilbao melalui Messi di menit ke-49. Memanfaatkan keterampilan individu, Messi menyusuri sayap kanan, masuk ke kotak penalti, dan akhirnya melesakkan bola ke dalam jaring Iraizoz.

Gol itu seakan membuka keran gol Barcelona. Tanpa memberi lawan kesempatan membalas, Barcelona terus mendesak Bilbao. Tekanan itu membuat frustrasi pemain belakang Bilbao.

Puncaknya terjadi ketika Ustaritz mengganjal Alves di kotak penalti pada menit ke-66. Messi yang dipercaya mengeksekusi hadiah kembali mampu menaklukkan Iraizoz dan membawa Barcelona unggul 2-0

Puas dengan keunggulan itu, Pelatih Barcelona, Pep Guardiola mulai memberi kesempatan pemain muda untuk tampil. Pada menit ke-70, ia menarik Ibrahimovic dan memasukkan Bojan Krkic.

Taktik ini ternyata jitu. Satu menit setelah berada di lapangan, Bojan mencetak gol ketiga Barcelona. mengandalkan kemampuan individu, Bojan berhasil mengecohj Ustaritz dan Iraizoz sebelum akhirnya berhasil meloloskan bola ke dalam gawang yang tak terkawal.

Hujan gol itu betul-betul menghancurkan mental bertarung Bilbao. Mereka menarik serangan dan fokus bertahan. Sayang, sikap ini tidak direspons positif oleh lawan mereka. Barcelona yang tampak sudah cukup puas tak lagi ngotot mengejar gol. Skor 3-0 untuk Barcelona bertahan hingga akhir laga.

Barcelona: Valdes; Alves, Puyol, Pique (Busquets 74), Maxwell; Yaya Toure, Keita, Xavi; Messi, Henry (Pedro 74), Ibrahimovic (Krkic 70)

Bilbao: Iraizoz; Iraola, Etxebarria, Ustaritz, Koi Kili; Orbaiz, Gurpegi, Lopez (Iturraspe 60), Gabilondo; Exteberria (Toquero 56), De Cerio (VĂ©lez 45)

0 Comments:

Post a Comment

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca"
... NO SPAM...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Back to Top