February 12, 2011

Bagian Tubuh Terpenting


Bagian Tubuh Kita
Sering kita tidak mensyukuri apa yang telah dianugerahkan Allah swt. kepada kita. Sering kita tidak menyadari btapa pentingnya bagian-bagian dalam tubuh kita. Dan ini merupakan kisah mengenai bagian tubuh manakah yang terpenting.

# # # # #

Di masa kecil dulu, ibu sering kali bertanya kepadaku tentang bagian tubuh yang terpenting bagi kita. Dan sepanjang waktu itupun aku selalu mencoba-coba menebak jawaban yang kupikir paling benar.

Ketika kecil, pertama-tama yang ku pikirkan itu adalah suara. Maka aku berkata kepada ibuku bahwa telingalah yang terpenting.

Ibuku berkata, "Bukan, sebab banyak orang yang tuli. Tapi tidak apa-apa. Ibu akan tanyakan kembali hal ini padamu."

Beberapa tahun kemudian, ia bertanya lagi padaku. Sejak terakhir ku pikirkan, saya mencoba mencari jawaban yang lebih benar. Maka,,, kali ini ku katakan pada ibuku, "Pastilah mata... Sebab penglihatan sangatlah penting bu..."

Ia menatapku dan mengatakan bahwa aku belajar dengan cepat. Tetapi jawabanku ternyata masih keliru, sebab banyak orang di dunia ini yang buta.

Bertahun-tahun kemudian aku terus-menerus belajar dan ibupun kembali menanyakan hal yang sama. Dan selalu,,, ia memberikan tanggapan yang sama, "Keliru nak... Tapi kau semakin bertambah pintar."



Sampai tibalah waktu...
Tahun lalu, kakekku meninggal. Kami semua sedih dan menangis. Bahkan ayahku pun menangis. Aku ingat peristiwa itu, karena baru kedua kalinya lah ku saksikan ayahku menangis.

Ibuku menatapku saat terakhir kami harus mengcapkan salam berpisah kepada kakekku. Ia lalu bertanya padaku, "Sudahkah kau tahu bagian tubuh terpenting itu anakku ???".

Aku sungguh kaget dia menanyakan hal tersebut saat itu. Tadinya aku berpikir ibu menanyakan hal itu selama ini cuma sebagai permainan antara kami berdua saja.

Tapi ia kelihatan bingung menatap wajahku dan berkata, "Pertanyaan ini sungguh-sungguh sangat penting nak... Ini menunjukkan bahwa kau betul-betul hidup dalam kehidupanmu. Untuk tiap jawaban yang kau berikan dulu, selalu ku katakan keliru dan ku jelaskan alasannya. Tapi, hari ini kau perlu memahami pelajaran penting ini..."

Ia menatapku dalam-dalam, tatapan seorang ibu. Ku lihat air matanya menetes, dan berkata, "Anakku,,, bagian tubuh terpenting adalah bahumu."

"Apakah karena dia menopang kepalaku, bu ???"

"Bukan,,, karena ia bisa menumpu kepala sahabat atau orang yang kita cintai pada satu titik , anakku... Aku hanya berharap kau cukup memiliki cinta dan sahabat yang akan menyediakan bahunya menjadi tumpuan pada saat kau menangis seperti saat ini, atau saat kau memerlukannya..."

9 Comments:

suangguh saat inspiratif kawan, karena kita akan menjadi berharga bila keberadaan kita bermanfaat bagi orang lain.

ceritanya menyentuh, bagus :)

sungguh menyentuh ceritanya...luar biasa makna yang terkandung didalamnya...

cerita yg sangat luar biasa,thanks ya sob....

nice post friend, i like it

itu artinya bahu org yg paling dekat dgn kita ya, sahabat atau pacar gitu yg mau nyiapin bahunya sbg tumpuan dikala sedih

terima kasih untuk posting ini...
rasa sedih setelah membaca artikel ini..
semoga menjadi inspirasi buat kita semua..
salam damai dari ambon

Post a Comment

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca"
... NO SPAM...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Back to Top